Cari Info Produk

Dengan Kartu Pelajar (ID Card)

Sistem Barcode .......

Dapatkan....

Sistem Informasi Terpadu Untuk Sekolah Gratis.....!!

Rabu, 27 Mei 2009

3. Sistem Informasi Perpustakaan

Prinsip utama kerja system adalah sebagai berikut:
 Pada saat kartu siswa(bisa juga guru atau pegawai) di-scan data peminjaman akan ditampilkan dalam bentuk tabel data buku yang masih dipinjam.
 Jika akan meminjam buku operator dapat mengetik kode buku atau mencari pada table yang ditampilkan.
 Jika buku yang dimaksud akan dipinjam operator tinggal meng-klik tombol pinjam, maka data tersebut sudah tersimpan. Hal yang sama juga berlaku untuk transaksi lainnya (pengembalian, perpanjangan, laporan buku hilang).

 Sistem ini dapat merekam transaksi yang dilakukan diperpustakaan seperti peminjaman buku, pengembalian buku, perpanjangan peminjaman buku dll.
 Sistem akan mengelompokkan buku sesuai dengan aturan pengelompokkan internasional (jika buku juga diberi nomor pengelompokkan sesuai aturan).
 Pengunjung dapat mengecek keadaan buku diperpustakaan dengan fasilitas data buku(dengan fasilitas ini sebelum masuk perpustakaan pengunjung dapat melihat dulu data buku yang tersedia diperpustakaan).
 Sistem dapat mengeluarkan berbagai format laporan yang berhubungan dengan aktivitas diperpustakaan, seperti data buku yang dipinjam tiap siswa, data peminjaman perkelas, data keadaan buku diperpustakaan, data keuangan (yang diperoleh dari biaya peminjaman dan denda) dll.
 System juga dapat mengeluarkan analisa aktivitas diperpustakaan dalam bentuk grafik, seperti grafik jumlah peminjam, grafik jumlah pengunjung, grafik jumlah buku yang dipinjam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar